Kamis, 03 Juli 2014

Jakarta - Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anak. Sumber vitamin A juga banyak berasal dari sayur dan buah. Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat mencegah anak alami berbagai kelainan mata.

Agar anak tak bosan mengonsumsinya, olah aneka bahan makanan dengan sumber vitamin A ini menjadi hidangan lezat.

Foto: Thinkstock
1. Brokoli
Sayuran berwarna hijau ini mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang terdapat dalam retina mata. Selain itu, brokoli juga mengandunglutein dan zeaxanthin yang dapat membentuk pigmen makula yang menyaring sebagian sinar matahari yang sifatnya merusak.
Untuk mengolahnya, campurkan brokoli pada sup atau digoreng dengan adonan tepung dan bumbu agar lebih gurih.





















Foto: Thinkstock
2. Telur
Kuning telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Penelitian yang dilakukan oleh Professor Thomas Wilson, Ph.D dengan Pusat kesehatan dan Penelitian Penyakit di University of Massachusetts Lowell, menemukan bahwa konsumsi telur secara teratur sebanyak 2 kali sehari secara signifikan dapat meningkatkan kadar lutein dan zeaxanthin di dalam tubuh tanpa tingkatkan kolesterol jahat.

Foto: Thinkstock
3. Minyak ikan
Konsumsi ikan yang mengandung omega 3 seperti salmon, sarden dan mackerel sebanyak dua porsi ikan per minggu sangat baik untuk kesehatan mata.
Menurut Elaine Chong, Ph.D seorang peneliti di Pusat Penelitian Mata diUniversity of Melbourne, Australia yang menjelaskan bahwa omega 3 merupakan asam lemak yang dapat menutrisi sel-sel retina.
Untuk mengolah salmon sebaiknya digoreng dengan sedikit minyak atau memanggangnya agar kandungan nutrisi dari salmon tak banyak yang hilang.

Foto: Thinkstock
4.Wortel
Sayuran berwarna oranye ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat baik menjaga kesehatan mata. Jika anak tak menyukai wortel, serut wortel dan campurkan ke dalam omelet atau nugget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar