Rabu, 04 Juni 2014

"Mencari Dari Berusaha Secara Tulus"

By Andrie Wongso


Seorang eksekutif muda makan di rumah makan. Saat memesan makanan, datanglah seorang anak kecil menawarkan kue dagangannya. Anak kecil berkata "Um, beli kuenya, enak sekali kue ini"
Org tsb menjawab "tidak, saya mau makan nasi". Lalu si anak dgn tersenyum dia keluar dan menunggu di pintu.
Setelah si eksekutif muda tsb selesai makan, kembali si anak mendatangi. "Um, beli kuenya". Si org tsb menjawab "saya sudah kenyang".
Si anak tidak putus asa bicara "kuenya bisa buat oleh2 buat keluarga".
Si org tsb krn tidak tega akhirnya mengambil uang 2 ribu dan memberikan ke si anak sambil berkata "saya tidak mau kue kamu, saya beri uang, anggap saja sedekah". Dgn tersenyum dan riang si anak menerimanya dan pergi ke depan.
Namun anak tersebut membawa uang tsb ke pengemis dan memberikan uang itu. Si org tsb yg melihat jd terkejut dan mendatangi.
Lalu bertanyalah dia ke anak tsb, "nak, kamu berjualan kan butuh uang. Kenapa uang dr saya kamu berikan ke pengemis itu ?"
Jawab si anak sambil tersenyum, "um, ibu saya mengajarkan utk mencari uang dr usaha sendiri. Kue ini buatan ibu saya. Akan sangat marah bila ibu tahu saya mendapat uang bukan dr usaha saya."
Si org tsb menjadi terkesan dan kagum. Lalu katanya "nak, berapa banyak kuemu ? Saya beli semuanya". Anak tsb senang skali dan lgs menghitung dan bertransaksi dgn org tsb.
Akhir kata, org tsb berkata "nak, sampaikan salam ke org tuamu. Terimakasih utk pelajaran berharga hari ini"

Nah, teman2 apakah anda telah bekerja spt anak tsb ? Anda sendiri yg dapat mengetahui nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar